Selasa, 14 Juni 2011

"Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E.Frankweiler" - By : E.L. Konigsburg

Tiga kali melahap akhirnya selesai juga dengan buku ini... Walaupun hanya berisikan 186 halaman ditambahkan 11 halaman untuk "penutup dari pengarang" berarti ada 197 halaman yang telah dibaca.. Well, ayo kita kupas sedikit mengenai novel unik satu ini..


Claudia dan Jamie, dua saudara kandung yang pintar dengan keahlian mereka masing-masing. Claudia yang berumur sekitar 11 tahun yang berharga diri tinggi dan pintar dalam menyusun rencana, hampir dari seluruh rencana disusunnya itu berjalan dengan lancar.. Sedangkan Jamie yang berumur 9 tahun yang sangat pintar dalam memanage uang, kalo Claude bilang Jamie itu kikir.. haha Oh ya si Jamie pinter banget main kartu perang padahal dia bermain curang sehingga dia selalu menang telak dari Bruce, teman sekelasnya..

Cerita bermula dari Claude yang ingin melarikan diri dari rumah, dia merasa lelah karena setiap hari terus-terusan bekerja pekerjaan rumah sehingga membuatnya bosan, dia anak sulung dari 4 bersaudara dan Jamie adalah anak ketiga.. Dia mengajak adiknya untuk melarikan diri dengannya dengan alasan karena Jamie kaya.. Mungkin lebih tepatnya karena Jamie mempunyai uang simpanan yang sangat banyak, uang yang didapat dari Jamie adalah hasil dari permainan kartu perangnya dengan Bruce.. Claudia berencana melarikan diri ke kota New York dan tempat yang tepat untuk mereka bersembunyi adalah "Museum Seni Metropolitan"..

Sampai suatu saat di Museum itu terdapat patung malaikat yang sedang menjadi bahan pembicaraan warga New York, para warga penasaran akan pembuat asli patung ini !! Simpang Siur mengatakan kalo patung ini buatan Michaelangelo.. Patung malaikat ini dibeli oleh pihak Museum dari Mrs. Basil E.Frankweiler seharga 225 US Dolar.. Begitu murahnya.. Claude sangat menyukai patung ini, sehingga dia penasaran ingin memecahkan teka-teki yang tersembunyi.. Dia pun bertekad tidak ingin pulang sebelum mengetahui siapa pembuat patung malaikat ini..

Eng..Ing..Eng... Eits..Eits..Eits.. Penasaran.. Penasaran.. !? Buruan baca novel ini !!
Novel ini terbitan tahun 1967.. wow :O

Saya suka banget bagian ketika mereka sedang membicarakan patung malaikat :
Claude : "Aku ingin tahu siapa yang menjadi modelnya"
Jamie : "Mungkin seorang wanita gendut. Kemudian pahatnya tergelincir, jadi Michelangelo malah membuat malaikat kurus"
Ternyata Jamie juga pinter ngelucu..
Masih banyak lagi bagian lucu lainnya.. Oh ya Oh ya Jamie suka banget bilang "Buset" haha :))

Di dalam novel ini juga ada gambar-gambar menarik..
ketika claude dan jamie mengirim surat ke rumahnya

tempat tidur di museum yang akan jadi tempat tidur mereka

mencari informasi akan michelangelo

2 comments:

Farissi Momiji mengatakan...

Wahh..kyknya menarik neh ceritanya ^^

Diah Wardani Chaidesar mengatakan...

sangaaaaaaaaaaaaat kak :)

Posting Komentar